Blog stories, review, personal experience and Services

Bagaimana cara ke pulau belitung

Mungkin ada yang ingin pergi liburan ke pulau Belitung,dimana kan Pulau Belitung? dan bagaimana caranya untuk pergi kesana? Berikut saya sajikan bagaimana caranya ke pulau Belitung yang terkenal dengan Negeri Laskar Pelangi.

Nah bagi yang belum tahu letak pulau Belitung dimana... berikut screenshootnya diambil dari wikimapia.org :
Peta bagaimana cara ke pulau Belitung
Pulau Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, diapit dengan pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Pulau Belitung dari jaman Belanda dikenal sebagai daerah penghasil timah terbesar kedua setelah Pulau Bangka, memiliki pantai yang indah pasir yang putih serta ombak yang tenang.
Pada tanggal 9 Februari 2001 Pulau Bangka dan Belitung sah menjadi Provinsi sendiri yang sebelumnya adalah ikut Provinsi Sumatera Selatan.
Ibu kota Provinsi Bangka Belitung adalah Pangkal Pinang - Bangka.
Pulau Belitung sejak menjadi Kabupaten pemerintahannya dibagi menjadi 2 yaitu Belitung Barat dan Belitung Timur.
Sejak jaman Belanda di pulau Belitung pula pertama kali dibangun pabrik keramik / tegel yang bernama Keramika Indonesia Assosiasi atau disingkat KIA, disini pula ayah saya bekerja dan mendapat jodoh wanita orang asli Belitung yang telah melahirkan saya.
Baca juga tentang pabrik keramika disini.
Banyak sekali kenangan di Pulau Belitung, blog ini dibuat khusus bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara ke pulau Belitung.
Belitung mencuat setelah film Laskar Pelangi tahun 2008, sekarang pun paket paket wisata ke Belitung banyak yang menawarkan paket tour "Laskar Pelangi", dimana anda akan diantar ke lokasi bekas tempat syuting syuting film Laskar Pelangi.

Wisata ke pulau Belitung dianjurkan bagi anda yang hobi dengan pantai, hobi kuliner laut, diving, snorkling, Fotografi, refreshing bersama keluarga dan lain sebagainya.

Cara ke pulau Belitung ada 2 cara:
1. Dengan kapal laut
2. Dengan pesawat udara


Cara ke 1:
Cara yang terbaik ke Belitung adalah dengan pesawat, karena dengan kapal laut sangat jarang dan kalaupun ada akan memakan waktu sekitar 24 jam tiba di Belitung hal ini tentu akan membuang buang waktu perjalanan anda. Sekedar informasi untuk keberangkatan ke Belitung menggunakan kapal laut "Kapal Lawit" namanya tujuan Pontianak, berangkat dari pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta, kapal akan berhenti menurunkan penumpang tujuan Belitung di daerah Gantung dan kemudian akan melanjutkan perjalannya ke Pontianak.

Cara ke 2:
Pastikan anda memesan tiket tujuan Tanjung Pandan, bingung dengan Tanjung Pandan? banyak yang kecele dengan tujuan mereka, Tg Pandan adalah ibukota Pulau Belitung (Barat) dan pesawat udara akan mendarat disana, ada cerita teman saya yang ingin ke Belitung, saat di Bandara ia memesan tiket tujuan Bangka Belitung, yang jelas pasti tidak ada tiket yang menjual tujuan Bangka Belitung, "itu lho yang pantainya bagus seperti di TV", hihihihi ..... akhirnya ia mendapati tiket tujuan Bangka, mungkin karena yang ia sebut pertama adalah kata "Bangka" baru kemudian "Belitung", soalnya kenapa? karena di Pulau Bangka pun terdapat pantai yang bagus bagus juga, hotel dan akomodasi lebih lengkap dibandingkan Belitung, jadi bukanlah salah penjual tiket jika ia menjual tiket tujuan Pangkal Pinang - Bangka. Akan tetapi tetap saja tujuannya salah .... hehehe.

Untuk saat ini hanya ada 3 (tiga) penerbangan setiap hari dengan pesawat Boeing tipe 737 dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta langsung ke Tanjung Pandan - Belitung. Tempat pembelian tiket saat ini berada di Terminal B Bandara Soekarno Hatta, Harga tiket berkisar antara Rp. 400.000 s/d Rp 800.000 sekali jalan, syukur syukur bisa dapat tiket  promo Rp. 250.000 - Rp 300.000 sekali jalan, dan armada yang tersedia adalah 1. Sriwijaya Air, 2. Citilink dan 3. Garuda Indonesia dan kabarnya akan ada penambahan Armada lagi mengingat Belitung bandaranya akan naik kelas statusnya menjadi Bandara kelas Internasional untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Perjalanan ke Belitung dengan pesawat akan memakan waktu sekitar 45 menit saja! wow.... cepet yah ... ya iyalah orang P Belitung nggak jauh kok jaraknya dari Jakarta.

Anda akan tiba di Bandara Belitung Hanandjoeddin namanya.

Bagi anda yang pergi dengan paket tour tentunya tinggal mengikut guide yang telah ditujuk oleh biro perjalan anda, tapi bagi yang tidak ikut tour, jangan kawatir karena ada sarana taxi ataupun mobil sewaan yang siap mengantar anda keliling Pulau Belitung.
Dijamin tidak akan nyasar, karena pulau Belitung adalah pulau kecil dari ujung ke ujung mentoknya dipantai.... hehehe

Jika anda ingin paket tour ke Belitung, berikut website yang saya kenal dan bisa dipercaya, anda explore dan silakan bertanya:

 www.belitungisland.com



Demikian saja informasi bagi anda yang ingin berlibur didaerah pantai terbaik dan yang ingin tahu bagaimana cara ke pulau Belitung, semoga bermanfaat.
 
 
Terima kasih

Bagaimana cara ke pulau belitung Bagaimana cara ke pulau belitung Reviewed by Moudi on 17.15.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.