Blog stories, review, personal experience and Services

Pabrik keramik lantai pertama di Indonesia

Keramik lantai atau Tegel pertama kali berdiri di Indonesia adalah KIA, KIA sendiri sampai sekarang adalah merupakan sebuah merk keramik dan setau saya singkatan dari KIA adalah Keramika Indonesia Asosiasi.
 
Pertama berdiri sekitar tahun 1953 di kota Tanjung Pandan Provinsi Bangka Belitung adalah pabrik keramik modern pada era tahun 1950an.

Keramik Lantai ukuran 40x40cm
Merurut pendapat saya mengapa pabrik keramik lantai dibangun di Pulau Belitung pada tahun 1950an? Mungkin karena bahan baku seperti tanah liat dan pasir yang berkualitas sangat baik ada di Cara ke pulau belitung.

Tetapi sekarang hanya tinggal kenangan, pabrik keramik PT KIA Tanjung Pandan, Belitung ditutup pada tahun 1990-an karena alasan biaya distribusi barang ke pusat penjualan di Jakarta ternyata jauh lebih besar dibanding kalau hanya mengirim bahan mentahnya saja hingga akhirnya pabrik KIA Tanjung Pandan ditutup dan pindah di Cileungsi Jawa Barat pada tahun 1994, dan untuk meningkatkan ekpansiya membangun pabrik ke 2 yang lebih besar di Karawang pada tahun 1997 hingga saat ini.
Mungkin pembaca blog tertarik dengan model / ukuran keramik lainya silakan kunjungi websitenya klik disini untuk melihat lebih detail.
Keramik dinding ukuran 25x40cm

Demikian sekilas informasi tentang pabrik keramik pertama di Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca blog ini.

Terima kasih.








Pabrik keramik lantai pertama di Indonesia Pabrik keramik lantai pertama di Indonesia Reviewed by Moudi on 17.15.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.