Blog stories, review, personal experience and Services

Cara memperbaiki flash disk yang tidak bisa diformat


Selamat jumpa lagi dengan saya, maklum saya ini adalah blogger yang terhitung malas jadi baru sempet ngepos untuk kesekian kalinya.... hehehe

Langsung saja dengan pengalaman saya, suatu hari saya membeli alat musik namanya Musix Box dan sekalian saya belikan flash disk merk Kingstone 4gb.

Kemudian saya copykan beberapa lagu kesukaan saya,  pas sedang asik copas lagu - lagu .... tau tau ehhhhhhhh flash disknya nggak bisa terbaca oleh sistem komputer, kemudian saya lihat nama file filenya muncul yang aneh aneh, demikian pula dengan folder dan ektensi dari file file tersebut semuanya aneh.

Bingung dong??? ya jelas kok bisa "file corrupt" katanya ya?

Saya coba hapus tidak bisa, rename? apalagi, capedeh .... hehehe



Begini nih tampilan flash disk sewaktu masih corrupt.

Akhirnya saya ingat ada pesan error "file corrupt" tersebut dan saya test flashdisknya dengan perintah chkdsk dari command line (cmd), chkdsk seingat saya singkatan dari check disk caranya sbb:
(di windows xp)
- Ketik start
- All Program
- Command Prompt

atau sama juga dengan

- Start
- Run
- Ketikkan "cmd" tanpa tanda kutip kemudian Enter atau klik OK



Image cara memperbaiki flash disk yang tidak bisa diformat

Kemudian akan muncul layar window bewarna hitam ketikkan sbb:

Perlu diingat juga untuk memastikan flashdisk kita ada di directory mana?




Seperti contoh untuk flashdisk saya berada di directory F:  atau KINGSTONE (F:), maka saya ketikkan di command line sbb:
- chkdsk f: /f
Keterangan :
- f:  (direktory flash disk kita)
- /f (Fixes errors on the disk)




Jika muncul pesan Convert folder to file ? ketik Y

Selesai dan sekarang flash disk kita sudah terbebas dari file,  folder yang corrupt jika mau diformat pasti sudah ok.

Cara memperbaiki flash disk yang tidak bisa diformat Cara memperbaiki flash disk yang tidak bisa diformat Reviewed by Moudi on 23.38.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.